Selasa, 08 Mei 2012

Tugas pembelajaran Menulis

1.      Identifikasilah
a.       Ciri-ciri guru yang baik
b.      Ciri-ciri guru yang hebat

Jawaban:
Sesuai dengan tulisan yang di kemukakan oleh  Muhamad Nuh Mendikbud RI berkenaan dengan guru baik dan guru hebat lengkap dengan pengertianya saya menyimpulkan  bahwa guru baik memeilki ciri- ciri  yaitu:
-          Guru yang hanya mampu memberikan materi dengan baik dan menjelaskan sesuatu kepada muridnya sehingga paham, menjalankan tugasnya sebagia guru berdasarkan aturan yang sudah dibuat oleh sekolah maupun aturan-aturan yang tertuang dalam undang-undang guru dan dosen.
Sedangkan guru hebat memiliki ciri- ciri  yaitu :
-          Guru yang tidak hanya mampu memberikan materi dengan baik tetapi guru hebat akan mampu mennginspirasi dan memotivasi muridnya sehingga mampu membuat sesuatu yang baik dengan kemampuanya sendiri, guru hebat selalu mengeluarkan inovasi-inovasi secara kreatif pada setiap pengajaranya, mengajar dengan hati  dan penuh keikhlasan, selalu menanamkan akhlak sehingga bukan hanya intelektual saja yang didapatkan nilai moral pun akan tumbuh dalam jiwa setiap murid, tidak mudah dilupakan dan selalu dirindukan kehadiranya.

2.      Jika diwajibkan memilih apakah anda akan berupaya untuk menjadi guru yang baik atau kah ingin menjadi guru yang hebat? Mengapa denikian? Tulis minimal tiga alasan yang mendasari pilihan anda itu !

Jawaban :
            Dari pertanyaan di atas sesuai dengan ciri-ciri guru yang  terlebih dahulu di jabarkan, jelas saya akan memilih ingin menjadi guru hebat, mengapa demikian” karna kata hebat sendiri memilki pengertian kuat, dahsyat, dan teramat sangat, oleh sebab itu menjadi guru hebat  selain mampu menjadi guru profesional atau bahkan dikatakan guru ideal, yang menjadi lebih istimewa lagi dalam dirinya pun memiliki kekuatan yang luar biasa yaitu:
1.  kekuatan hati
2.  ketulusan
3.  keikhlasan
Dari kekuatan hati seorang guru akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi murid-muridnya, selayaknya orang tua kedua yang tidak akan membiarkan anak-anak nya menjadi bisa-bisa saja guru hebat selalu bertekat untuk menjadikan murid-muridnya kelak mampu menjadi orang hebat dimasa depanya, mengajar dengan ketulusan akan lebih mudah diterima dan membekas,  di sertai keikhlasan yang akan menjadi modal utama seorang guru sehingga manfaatnya akan sangat terasa saat kita memulai segala sesuatu dengan niat karna mengharap ridho Tuhan, tidak akan ada lagi anak-anak yang putus sekolah karna biaya, terinspirasi dari cerita laskar pelangi novel pertama karya Andrea Hirata yang mengisahkan seorang guru hebat yang bernama Ibu Muslimah dengan kekuatan hati, ketulusan, dan keikhlasan mengajarkan murid-muridnya  dari orang bisa sampai menjadikan murid-muridnya menjadi orang- orang yang luar bisa. Guru hebat tidak hanya mengajarkan nilai intelektual saja akan tetapi selalu menanamkan nilai religi agar tetap  berpegang pada akidah yang menjadi kekuatan bagi murid-murdinya sehingga tidak hanya mencerdaskan guru hebat akan mampu menjadikan murid-urinya menjadi orang yang bermoral dan beriman.

3.      Bagaiman profil guru bahasa indonesia di era globalisasi ini ? jelaskan menurut sudut pandang anda masing-masing.

Jawaban :
“Di era globalisasi profil guru bahasa indonesia harus memiliki keahlian diantaranya :
a.       Guru bahasa indonesia mampu memberikan materi pengajaran yang disampaikan benar-benar ter-up-date dengan baik dan tidak kadaluarsa sehingga siswa menyenangi pelajaran bahasa indonesia yang saat ini seringkali dianggap kurang gaul, tidak terndi, karna pemakain bahasa asing dinilai lebih moderen bagi masyarakat di jaman sekarang, 
b.      Guru bahasa indonesia harus menguasai teknologi dan mempunyai aura akademis sehingga siswa mampu mengikuti perkembangan bahasa indonesia secara dinamis mengikuti jamanya.

4.      Adakah manfaat yang anda peroleh setelah membaca wacana itu?  jika ada tulislah manfaat yang dapat anda petik darinya.

Jawaban:
“Manfaat yang saya peroleh dari setelah membaca  wacana tersebut  pengetahuan saya bertambah mengenai undang-undang guru dan dosen yang sepatutnya ketahui oleh semua calon guru, selain itu dari wacana tersebut saya mendapatkan kemantapan untuk menjadi seorang guru bahasa indonesia yang tidak hanya dikatakan baik saja melainkan menjadi guru  hebat  yang mampu menginspirasi murid-muridnya sehingga tidak mudah dilupakan dan selalu dikenang kebaikanya sepanjang masa. 


             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar